Roadshow BKPSDM ke kecamatan Lumbanjulu

by NOVERDY MANGARA PANJAITAN, SE on May 11, 2023 in News
Last updated on May 17, 2023 by 198711272010011006

HORAS LUMBANJULU.

Sambutan selamat datang dari Camat Lumbanjulu Besron Doloksaribu kepada Tim Roadshow BKPSDM mengawali kunjungan BKPSDM pada Kamis, 11 Mei 2023,. di Aula Kantor Camat Lumbanjulu.

Dalam sambutannya, Camat menghimbau agar semua ASN bersemangat mengikuti pemaparan dari tim karena sebagai garda terdepan di Kecamatan Lumbanjulu. Hal ini dapat kita tunjukkan dengan meningkatkan displin dan pelayanan kepada masyarakat. Buah Mangga Buah Kedondong, Mari Kita berbangga Sebagai ASN dan Mari Kita saling tolong menolong.

Selanjutnya Sambutan disampaikan oleh Kepala BKPSDM. "Displin masih menjadi masalah yang harus diselesaikan dalam tata kelola manajemen kepegawaian. Masih ditemukan kasus ketidakdisplinan yang dilakukan ASN khususnya tenaga guru dan tenaga kesehatan. Hal inilah yang menjadi titik tolak kami dari BKPSDM untuk melakukan kegiatan ini" ujar Dicky dalam sambutannya.

BKPSDM Toba didominasi oleh kaum muda, akan banyak perubahan berupa terobosan dan inovasi ke depan. Kepala BKPSDM Dicky Aspino Tampubolon juga berpesan agar tetap menjaga displin dan kode etik dan tetap mematuhi pimpinannya.

Sarto Tambunan dalam pemaparannya menjelaskan, displin sudah menjadi kewajiban dalam setiap kehidupan kita sehari-hari. Displin adalah kunci keberhasilan, tanpa displin tujuan kita tidak akan tercapai. Tujuan kita melayani masyarakat dengan displin dan kinerja yang baik. Displin dan kinerja harus seimbang sehingga mendapatkan hasil yang baik. 17 poin kewajiban dan 14 poin larangan yang harus ditaati. ASN bekerja di atur melalui peraturan perundang-undangan, oleh karena itu kita harus membaca dan memahami serta menaati peraturan. ASN harus bertanggung-jawab dan menyelesaikan tugas yang diembannya, juga dihimbau berhati-hati dalam penggunaan media sosial, masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja, menolak pungli, menjadi anggota partai politik, ikut kampenye dukung mendukung pemilu, dll. ASN yang tidak displin akan mendapat hukuman sesuai dengan tingkatan dan berat pelanggarannya. Setiap pegawai harus mematuhi dan patuh terhadap atasannya. Mari sebagai ASN kita membaca dan menaati Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang displin ASN paparnya.

Sarto Tambunan menambahkan penjelasan tentang pemberian cuti bagi ASN. Pemerintah memberikan cuti bagi ASN sesuai dengan jenis dan sifat cuti pegawai. Cuti adalah hak pegawai negeri sipil. Untuk memenuhi hak pegawai BKPSDM Toba berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh ASN Kabupaten Toba.

Pada sesi diskusi yang dipandu Kepala BKPSDM, salah seorang guru memberikan pengakuan setelah mendengarkan pemaparan dari tim Road Show BKPSDM bahwa banyak hal yang menjadi pengetahuan baru.

"Saya mengurus langsung cuti ke BKPSDM, demikian juga cuti guru-guru saya, saya membutuhkan penjelasan lanjutan tentang cuti ASN" tanya Ibu Pakpahan.

Cuti diberikan menurut penilaian oleh atasan langsung. setiap ASN harus memahami aturan dan syarat-syarat tentang pemberian cuti bagi ASN. Setiap pegawai yang cuti apabila sudah sesuai dengan aturan akan diproses dengan cepat, oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia.

"Jika ada kendala dalam pengurusan cuti dan permasalahan lainnya agar segera melapor ke kami," tambah Kepala BKPSDM.

Kurniati Sirait Kepala SMP 1 Lumban Julu bertanya, "Apakah bisa ada shift bagi guru berupa dispensasi bagi guru PNS yang berdomisili jauh dari sekolah?"

Menjawab pertanyaan Kurniati Sirait, Kepala BKPSDM mengatakan ASN sudah dilantik dan bersumpah untuk menaati aturan dan peraturan kepegawaian. ASN sudah bersumpah, disumpah untuk bersedia ditempatkan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagi ASN yang sudah ditempatkan agar bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan dan sedapat mungkin dapat berdomisili tidak terlalu jauh dari tempat kerjanya. Tolong diberikan pemahaman agar proses belajar mengajar jangan sampai terganggu.

Lorent Sianipar menambahkan untuk CPNS 2019 telah menandatangani surat penyataan bersedia tidak pindah dan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tidak diperkenankan pindah dengan alasan apapun. Hal ini harus kita pahami dan patuhi bersama.

"Mari ASN Toba kita berubah, sudah saatnya kita memperbaiki diri, jangan cuma kami saja yang berubah. Kami sudah memperbaiki pelayanan, demikian juga bapak ibu sekalian, takada urusan yang pakai uang, untuk jabatan saya, Pak Bupati tidak ada minta uang sepeserpun", kata Dicky Tampubolon.

Sekretaris Desa, Holman Manurung menanyakan ketidaktersediaan sinyal untuk presensi online dan kendala guru di Desa Sionggang Selatan

Pihak BKPSDM akan mempelajari dan menelaah permasalahan guru yang ada di Desa Sionggang Selatan untuk ditemukan solusinya.

Kepala SMP Satu Atap, Sijabat,"Saya terkendala presensi online, sebagai admin sekaligus SPT, bagaimana solusinya?

Silahkan ditambahkan operator presensi online, operator dapat lebih dari satu per OPD.

Apakah dapat mengambil cuti lagi setelah cuti berakhir?

Hal ini diserahkan pada mekanisme aturan penilaian atasan langsung dan urgensi cuti bagi ASN.

Kepala SD Negeri Lumban Rang, Tolonglah terjun ke sekolah kami, pak.

Silakan masing-masing bapak ibu mendisplinkan anggotanya, tumbuhkan kepemimpinan dan dibutuhkan ketegasan dan kami membuka diri untuk berdiskusi dan membantu, siapkah bapak ibu?

"Siap....! seru seluruh peserta dengan serentak.

Setelah pemaparan e-Kinerja oleh Christanti Silaban, Analis Kepegawaan Pertama dan pembacaan doa, Kegiatan Roadshow ditutup secara resmi oleh camat Lumbanjulu. (Hot)


Attachments