Penilaian Lomba Inovasi Daerah: Praktik Kerja Pegawai dan Roadshow Kepegawaian menjadi Inovasi BKPSDM Kab. Toba Tahun 2023.

by HOTPANGIDOAN PANJAITAN, A.Md on Aug 2, 2023 in News
Last updated on Aug 2, 2023 by Hotpangidoan Panjaitan

Bertempat di Ruang Rapat Staf Ahli lt.3 Kantor Bupati Toba Rabu, 02/08/2023, Tim Juri Kabupaten Toba memulai penilaian yang di pimpin langsung oleh Ketua Tim Jonni P. Lubis.

Kepala BKPSDM, Dicky Aspino Tampubolon, memulai pemaparan tentang Praktik Kerja Pegawai. Praktik Kerja Pegawai dilandaskan oleh tingkat nilai IP ASN yang masih rendah. Permasalahan Pegawai menjadikan nilai IP ASN rendah yaitu kurangnya kompetensi ASN, Disiplin dan Kinerja. Masih terdapatnya ASN tidak memahami hak dan kewajibannya. Hal ini juga menjadi latar belakang BKPSDM melakukan roadshow. Praktik Kerja Pegawai diikuti oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian organisasi perangkat daerah se-Kabupaten Toba. Setelah diadakan Praktik Kerja Pegawai Nilai Indeks Profesionalisme ASN Toba meningkat menjadi 60,6 poin.

Tim Juri mempertanyakan manfaat dari Inovasi Praktik Kerja Pegawai. Pegawai dapat dilatih oleh tutor-tutor berupa fungsional dan profesional yang menguasai bidangnya. Ketertarikan pegawai dapat dipengaruhi oleh hadirnya tenaga profesional yang ahli dibidangnya. Sehingga kompetensi ASN dapat meningkat.

Rudianto Sinaga mengatakan dalam rangka pengembangan kompetensi BKPSDM melaksanakan praktik kerja selama 3 (tiga) hari. ASN diberikan pemahaman tentang Manajemen ASN. Hal ini bertujuan untuk melatih kasubbag kepegawaian agar melaksanakan tugas yang dapat menjadi jembatan informasi bagi ASN lainnya di tempat kerja. Kompetensi Manajemen Kepegawaian ditingkatkan dan diberikan pengetahuan untuk memenuhi 20 jpl per tahun. Manfaatnya berupa peningkatan IP ASN dan pemenuhan kebutuhan 20 jam pelajaran bagi 800 orang ASN di Kabupaten Toba

Inovasi harus terukur sesuai dengan langkah-langkah yang telah dilakukan. Setiap ASN diberikan sertifikat dan dibuat pelatihan online untuk meningkatkan kompetensi ASN. Silahkan dibuat SOP, sasaran, target, ujar tim penilai, Wallen Hutahaean.

BKPSDM Toba sudah menerapkan aplikasi dalam ruang lingkup kerjanya. Alasan BKPSDM Toba memilih Praktik Kerja Pegawai dan Roadshow BKPSDM yang bersifat klasikal untuk lebih menyentuh kepada masing-masing ASN. Tatap muka langsung memberikan pengetahuan dan pemahaman agar tidak ada ASN yang lari dari rel aturan. BKPSDM sangat terbuka dan siap di kritik pada saat sesi pertanyaan Roadshow BKPSDM.

Sarto Tambunan menjelaskan Roadshow terlihat sederhana namun sangat berdampak. Sebelumnya Cuti ASN masih belum dimanfaatkan, namun setelah roadshow tingkat kecamatan dilaksanakan, pemahaman ASN sudah dapat dirasakan.

Setelah pemaparan dan penilaian, salah satu tim penilai Audhi Murphy O. Sitorus mendukung langkah yang dilakukan BKPSDM dalam menyelesaikan permasalahan mendasar ASN di Kabupaten Toba dan berharap dapat dilaksanakan berkesinambungan.

Attachments