Kepala BKPSDM dampingi Bupati Toba mengunjungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

by NOVERDY MANGARA PANJAITAN, SE on Jun 11, 2023 in News
Last updated on Jun 11, 2023 by 198711272010011006

Sebagai pemimpin yang peduli, Bupati Toba turun ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Untuk Sukseskan Program Kepariwisataan Guna Mendorong Daerah Pariwisata Super Prioritas.

Selasa, 06 Juni 2023, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus, didampingi Kepala BKPSDM Kabupaten Toba, Dicky Tampubolon lakukan kunjungan ke Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba guna meninjau langsung aktivitas dan kondisi di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba.

Tiba di kantor Disbudpar Kabupaten Toba, Bupati Poltak Sitorus disambut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rusti Hutapea dan Sekretaris Dinas, Ganyang Situmorang untuk kemudian bersama-sama menyusuri setiap ruangan dan menyapa seluruh staff yang ada.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Toba, Dicky Tampubolon bahwa tujuan kunjungan ini utamanya untuk memotivasi seluruh staff di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam rangka meningkatkan gairah kinerja mendorong kepariwisataan DPSP di Toba

Usai melihat seluruh kondisi ruangan dan staff yang ada di disbudpar, Bupati Poltak Sitorus memberikan arahannya dan menekankan kembali akan keberadaan Toba sebagai Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Dikatakan lebih lanjut bahwa ditetapkannya toba sebagai salah satu DPSP adalah karena adanya potensi daerah kita yang dapat memakmurkan masyarakat dari kekayaan asli daerah.

"Pemerintah Pusat melihat potensi yang sama seperti di Bali itu ada di Toba dan oleh karena itu Presiden membuat program DPSP di lima daerah dan salah satunya adalah Toba," ucap Bupati Poltak Sitorus

Akses bandara, jalan nasional, jalan lingkar menghubungkan antar kabupaten disekitar danau Toba, dan pelabuhan telah dibangun maka dari itu, Bupati Poltak Sitorus meminta seluruh staff Disbudpar harus juga memikirkan bagaimana dapat mensukseskan program kepariwisataan ini di daerah kita sendiri.

Sebagai dinas yang menangani kepariwisataan maka diharapkan dinas ini menjadi kepala yang memikirkan dan mengkoordinir program inovatif kepariwisataan

Bupati Poltak Sitorus mengatakan bahwa tahun lalu target kepariwisataan yang telah dicapai adalah 1 juta kunjungan dan tahun ini target 2 juta kunjungan harus juga bisa dicapai. Dan dikesempatan ini Bupati Poltak Sitorus meminta agar dibuat programnya, tetapkan target marketnya dan tentukan time schedulenya agar semua bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

"Maka jangan main-main kita, potensi triliunan rupiah bisa di raih dalam setahun melalui kepariwisataan ini, potensi itu ada di kita dan jangan anggap sepele. Kita semua harus dapat merasakan dampak super prioritas ini. Dinas pariwisata adalah leading sektor dalam DPSP di Toba ini. Kalaupun ada dinas dinas yang lain tentunya kita akan arahkan mendukung kepariwisataan melalui program kerja mereka, pembangunan demi pembangunan tentunya juga harus mendukung potensi kepariwisataan," katanya menambahkan

Untuk itu, Bupati Poltak Sitorus juga meminta agar semua sepakat untuk itu, dan lakukan pembenahan, ubah mindset berpikir dan jangan lagi berkutat di level lokal, kita harus melangkah ke level internasional. Ajang F1H2O bukan level lokal, dan tentunya akan ada ajang lain yang bisa dihadirkan di toba yang bertaraf internasional.

"Kita harus ada semangat membangun pariwisata internasional disini, jiwai kepariwisataan ini, kalaupun kita masih lemah dalam infrastruktur namun kita harus kuat dalam SDM dengan mempersiapkan SDM kita, latih bahas Inggris kita khususnya di dinas pariwisata ini karena di Toba masih kekurangan tour guide," tutupnya

Selanjutnya, bersama para staff dilingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Kepala BKPSDM melakukan diskusi terkait hal hal kepegawaian khususnya mengenai Disiplin ASN sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2020 tentang disiplin PNS.

(Nov)

Attachments